Tips menghadapi UTS - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Tips menghadapi UTS
March 5, 2017
0

Tidak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) Genap yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret sampai 9 April menurut kalender Akademik Unpas Semester Genap.. Kita harus mempersiapkan ilmu kita agar kita dapat mengerjakan soal ujian dengan sebaik-baiknya.

Ada beberapa tips dibawah ini agar kita siap menghadapi Ujian ;

  1. Buatlah Manajemen waktu

Jauh-jauh sebelum Ujian, kita harus bisa membagi waktu agar saat ujian berlangsung, tidk terganggu dengan aktivitas lainnya. Selesaikan terlebih dahulu tugas dan agenda acara yang ada sebelum UTS. Buatlah timeschedule belajar agar dapat membagi waktu yang adil untuk belajar masing-masing mata kuliah.

 

  1. Hindari ‘SKS’ atau Sistem Kebut Semalam

Sistem Kebut Semalam adalah salah satu metode belajar yang populer dikalangan mahasiswa kini. Namun untuk hal ini sering menimbulkan keteteran materi dalam mempelajari materi. Selain itu, hasil belajar tidak akan maksmimal. Lebih baik kita mencicil sedikit demi sedikit saat menjelang ujian untuk belajar. Agar tidak terjadi ‘kebanjiran materi’ yang diselesaikan dengan metode SKS ini. Manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya.

 

  1. Ketahui tipe soal dosen

Biasanya dalam membuat soal ujian, dosen memiliki strategi pengujian yang berbeda antara dosen satu dan yang lainnya. Ada dosen yang cuma memberimu satu atau dua soal dengan pertanyaan besar yang biasanya cara menjawabannya sangat panjang.

Ada pula dosen yang membuat pertanyaan singkat tapi lebih terfokus, masing-masing soal mencakup setiap Bab yang bisa dipelajari dari materi kuliah. Sebelum mulai belajar, pastikan kamu tahu tipe-tipe soal yang biasanya diujikan dosen tsb seperti apa.

 

  1. Pilih dan Tentukan Cara Belajarmu

Cara belajar masing-masing mahasiswa berbeda. Pilihlah metode belajar yang tepat bagi kamu agar dapat menguasai materi yang akan diujikan. Bisa dengan belajar kelompok ataupun mandiri. Selain itu dapat juga dapat belajar dengan metode verbal, audio, maupun metode lainnya yang dapat membantu cara belajar kita menjadi lebih nyaman.

 

  1. Pelajari soal tahun lalu atau yang sering muncul saat dikelas

Ada banyak sumber yang tersedia seperti bank soal yang dapat memberikan kamu gambaran bagaimana soal ujian tsb, tetapi jangan terpaku pada banksoal saja, kita dapat belajar dari materi yang sudah diberikan dosen terkait. Kadang-kadang dosen atau asisten dosen akan secara sederhana memberikan petunjuk kecil tentang pertanyaan yang diujikan nanti.

  1. Jagalah kesehatan

Menjelang ujian biasanya banyak tenaga yang terforsir karena banyaknya aktivitas. Jagalah kesehatan dengan makan teratur dengan memakan makanan yang bergizi seimbang. Perbanyak konsumsi buah-buahan agar menjaga daya tahan tubuh kita.

  1. Berdoa

Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberi kelancaran dalam menghadapi UTS nanti agar diberi kelancaran dan hasil yang maksimal. Mintalah restu kepada orangtua agar hati kita menjadi lebih tenang dan dilancarkan segala sesuatunya. Aamiin