TEMPAT BELAJAR YANG COCOK DENGAN GAYA BELAJAR KAMU - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
TEMPAT BELAJAR YANG COCOK DENGAN GAYA BELAJAR KAMU
May 1, 2017
0

Hai Barudak Unpas kesayanganku! :*

Kamu punya enggak sih tempat favorit yang sering dipilih buat jadi tempat belajar? Aku yakin banget kamu pasti pilih tempat yang suasananya sesuai sama suasana hati kamu ya kaaaan? hehe. Tapi emang bener loh suasana suatu tempat itu berpengaruh terhadap daya tarik kita buat belajar. Dan yang jelas suasana dan kondisinya bikin kita bisa tetep fokus saat belajar. Well, hari ini aku bakal bahas tempat-tempat favorit mana aja yang bisa dipilih sesuai suasana hati dan gaya belajar kamu. Dibaca sampai bawah yaaa, babe :*

  1. Kamar Kamu Sendiri

Kamu salah satu orang yang suka pilih kamar sendiri buat dijadiin tempat belajar? Itu cocok kok untuk kamu yang suka belajar sendiri dan lebih suka dengan suasana yang santai. Kalau kamu enggak suka belajar dalam suasana yang agak ramai, kamar kamu sendiri bisa jadi pilihannya. Bahkan mungkin semua hal yang kamu butuhkan mulai dari bahan belajar sampai printilan yang bisa menghibur kamu pas lagi suntuk udah tersedia di sana.

Selain itu, agar lebih nyaman dan fokus belajar, kamu bisa customize sendiri suasana kamar kamu sesuka hati, bisa lebih leluasa buat belajar sekalipun kamu pakai baju belel atau sambil play musik biar suasana belajar kamu enggak suntuk. Dan Itu boleh banget!

Cuman minusnya, rasa nyaman yang kamu dapatkan bisa jadi distraksi terbesar kamu. Ketika kamu bosen dan merasa bebas melakukan apa aja di kamar sendiri, bisa-bisa fokus kamu terbuyarkan gara-gara keasyikan nonton youtube, ngemil bahkan melipir ke kasur haha! Please, jangan yaa babe!

 

  1. Perpustakaan

Diantara kamu ada yang suka belajar di perpustakaan? Nah, ini cocok untuk kamu yang suka belajar sendiri atau berkelompok dengan suasana yang fokus dan tenang.

Jangan salah loh, perpustakaan banyak menyimpan banyak informasi dan referensi yang mungkin aja kamu butuhin. Apalagi perpustakaan kampus biasanya udah siap sedia free wi-fi. Duh, rasanya bisa bikin makin betah belajar di sana.

Selain nyaman (meskipun nggak senyaman kamar sendiri), suasana perpustakaan bisa memberikan pressure yang baik untuk kamu.

Pressure di sini memiliki arti bahwa kamu bisa merasakan sendiri sekeras apa usaha mereka belajar di area perpustakaan sambil menjaga ketenangan agar tidak mengganggu konsentrasi orang lain. Secara nggak langsung, kamu jadi nggak mau kalah dan ingin belajar setekun mereka, iya kan?

 

  1. Coffee Shop

Coffee shop sering kamu jadiin tempat favorit buat belajar? Ini cocok untuk kamu yang suka belajar sendiri atau berkelompok dengan suasana yang ramai dan pencahayaan redup.

Ada beberapa orang yang nggak bisa belajar di ruangan yang terlalu terang. Mereka adalah orang-orang yang belajar menggunakan gadget, sehingga mata mereka terasa pedih setelah melototin layar gadget terlalu lama.

Meskipun cenderung ramai, namun coffee shop tetap terasa nyaman karena ambience-nya yang remang-remang syahdu. Kamu juga bisa enjoy belajar sendirian atau dengan teman-teman kamu tanpa takut mengganggu orang lain. Point bonusnya, kebanyakan coffee shop menyediakan fasilitas wi-fi gratis, musik yang keren, dan kamu bisa makan sepuasnya ataupun cuma sekadar mesen es teh tawar yang penting bisa lama-lama di sana haha.

 

  1. Taman

Kalau kamu suntuk sama suasana dalam ruangan yang terlalu sepi dan gitu-gitu aja, bisa banget, loh, sesekali kamu coba untuk belajar di ruangan terbuka. Cocok untuk mau yang suka belajar sendiri atau kelompok dengan suasana yang ramai dan pencahayaan terang.  Nah, taman adalah tempat yang tepat untuk kamu jadikan lokasi belajar sekaligus bersantai di cuaca yang bersahabat.

Belajar di ruang terbuka seperti taman memang paling asyik kalau bersama teman-teman, tapi belajar sendirian pun nggak masalah selama kamu nggak merasa awkward. Pemandangan yang hijau juga membuat mata kamu juga nggak cepat merasa lelah. Pepohonan yang rindang, angin sepoi-sepoi dan cerahnya matahari dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama belajar di sana.

Kota kamu nggak punya taman yang kece untuk belajar? Nggak masalah! Belajar di halaman rumah sendiri juga nggak kalah asyik, kok. Hati-hati digigit nyamuk, ya babe!

 

  1. Kostan temen

Rasanya ini tempat yang udah sering banget kamu jadiin tempat favorit terdekat dan terhemat? Iya kan? Haha. Ini cocok untuk kamu yang yang suka belajar berkelompok dengan suasana yang tenang. Tenang, tahu-tahu ketiduran haha. Kalau kamu nggak bisa fokus kalau belajar sendirian, samperin temen kamu ke rumah atau kosannya aja, gaes! Tentunya jika kalian memiliki niat dan objektif pembelajaran yang sama, ya.

Serius, deh, efeknya beda banget dibanding kamu ngajakin mereka belajar di tempat kamu. Di tempat mereka, kamu nggak akan menemukan “distraksi dari kenyamanan” seperti belajar di kamar sendiri. Trus, kamu juga bisa mengajak teman kamu untuk berdiskusi alih-alih googling informasi yang terkadang kurang memuaskan.

Psst, belajar di tempat temen kamu terasa paling oke ketika lagi low budget, babe! Siapa tau di sana kamu ditawarin makanan gratisan! Hihihi.

Meskipun kamu merasa cocok belajar di satu lokasi, ada kalanya kamu ngerasa suntuk dan ingin mencoba suasana belajar baru. Maka nggak ada salahnya kalau kamu nyobain belajar di tempat-tempat lainnya atau bahkan mencari spot baru yang nggak kalah cozy dan lebih cocok untuk gaya belajar kamu.

Jadi, tempat belajar mana yang cocok dengan gaya belajar kamu, babe? :*

 

Soraya Ulfa

Soraya Ulfa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Visit me on ig @sorayaulfafafa
Soraya Ulfa