Temen kamu hilang motivasi? Coba cara ini! - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Temen kamu hilang motivasi? Coba cara ini!
April 29, 2017
0

Hai, gengs!

Makin lama kuliah, kadang rasanya makin berat ya hehe. Tapi, mimin percaya kamu masih semangat kan? Hehe. Kalau kamu masih semangat, berarti bagus. Nah, gimana kalau temen setongkrongan kamu nih masih semangat juga ngga? Atau jangan-jangan udah ada gejala nge-down gitu, entah karena tugas makin numpuk, ujian akhir semester yang udah makin deket, atau malah pusing skripsian 😃

Mungkin diantara temen kamu suka banyak yang ngeluh, entah kenapa kayanya lagi banyak banget masalah gitu kan. Kamu sebagai best friend forever pasti pengen bantu dong? Nah, tapi kadang suka mikir dan serba salah, takutnya malah kaya ikut campur orang lain. Gelagat teman kamu sebenarnya ngga mau minta tolong secara langsung, tapi kamu tetep harus nolong dong. Nah, mimin mau ngasi tips nih gimana caranya tetap nolong temen kamu yang hilang motivasi, tanpa perlu kaya yang berlebihan. Check this out:

 

  1. Dengarkan dia dengan seksama

Kalau itu emang best friend kamu, tentunya kamu ngerasa ngga sia-sia dong kalau nyimak masalah yang dia alami, secara suatu saat nanti kamu juga berharap bakal diperlakukan hal yang sama kalau kamu ada masalah juga. Yang diperlukan orang-orang hilang motivasi untuk mulai mencari jawaban atas masalahnya sebenarnya simpel, sesimpel kamu mau mendengarkan. Tapi memang ngga semua mau untuk melakukan itu loh. Nah, karena itulah biasanya orang bisa dikatakan berteman dekat kalau masalah temannya itu mau didengarkan dan dicari solusinya bareng-bareng.

Mungkin kalau kamu di posisi teman kamu sekarang, kamu bisa percaya kalau sebenarnya jawabannya itu udah ada di kepala dia. Yang membedakan sebenarnya adalah kemana keluh kesah itu dibuang, itulah kenapa salah satu alasannya manusia itu disebut makhluk sosial. Nah, sebagai teman baik, tentunya kamu harus mau untuk menyimak permasalahan yang dia alami itu seperti apa. Cukup dengan mendengar terlebih dahulu, ketika beban emosi sudah terbagi nantipun jalan keluar akan terbuka lebar.

 

  1. Mengambil perspektif sudut pandang pihak pertama

Sesudah mendengar permasalahan temanmu, kamu seharusnya sudah bisa memosisikan diri kamu sebagai pendengar/pihak ketiga. Sebagai orang ketiga yang mungkin berada diluar cerita, kamu mungkin sudah punya opsi ancang-ancang untuk memberikan jawaban atau saran atas permasalahan temanmu. Tetapi, tunggu dulu, jangan sampai lupa untuk memosisikan diri kamu sebagai pihak pertama ya! Gunanya adalah untuk menempatkankan rasa simpati kamu seutuhnya sehingga kamu benar-benar tidak hanya terlihat respek dari luar. Temanmu mungkin bisa merasa kalau kamu sudah bersimpati dari hati yang terdalam, maka ia akan lebih menaruh kepercayaan pada kamu. Di dalam bawah sadarnya, temanmu akan merasakan bahwa kamulah teman terbaiknya.

 

  1. Memberi saran bila dibutuhkan

Mendengarkan sudah, memberi simpati sudah, mungkin langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah memberi pandanganmu sekaligus saran untuk menyelesaikan masalah itu. Bila itu dibutuhkan, maka berikanlah sesuai dengan yang kamu pikirkan dengan seobjektif mungkin, tentunya bila temanmu dengan senang hati memintanya. Kalau tidak diminta, kamu tidak perlu memberikan nasihat apa-apa karena barangkali memang jawaban dari masalah itu sudah ada. Ingat gaes, jangan memberikan nasihat pada orang yang tidak memintanya. Kamu sudah bijaksana dengan mendengarkan dan bersimpati meskipun pada akhirnya saran atau pendapatmu tidak diminta.

 

  1. Memberinya semangat

Hal kecil lain yang sangat berpengaruh adalah memberinya semangat. Ucapan yang mungkin sepele ini sebenarnya sangat bermanfaat secara sugesti. Seperti halnya pengaruh negatif, pengaruh positif juga bisa menular loh gaes. Kalau kamu lagi sedang dalam aura positif, kenapa tidak untuk menularkannya ke temanmu yang membutuhkan. Ucapan semangat yang lugas dan menggelegar akan mengembalikan lagi kondisi ke keadaan jiwa yang stabil setelah tadinya sempat naik dan turun. Sebagai best friend, tentunya ini hal yang termudah untuk dilakukan olehmu kan?

 

Percayalah gaes, apa yang kamu lakukan ke temanmu itu suatu saat akan kamu butuhkan juga ketika kamu sedang tertimpa masalah. Tenang aja, apa yang kamu kasih ke orang lain sebenarnya akan balik ke kamu lagi sendiri kok. Dengan menyisihkan sedikit waktumu untuk membantu teman yang motivasinya sedang turun, kamu akan jadi sehat secara psikologis loh karena membantu sama efeknya dengan memberi, yang akan menimbulkan perasaan bahagia. Selain itu, kamu juga membuat dirimu menjadi penting dan berguna buat orang banyak, seneng dong ya 😊 Ngga mau kan jadi manusia yang diabaikan? Hehe. Makanya jangan segan bantu temen kamu yang lagi hilang motivasi ya!

miftahulfikri
Follow me

miftahulfikri

Mahasiswa Ekstensi - S1 Teknik Industri 2016 | Penulis buku #SemusimCinta | IG : miftahulfk
miftahulfikri
Follow me