Semester Baru, Apa Yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Lama? - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Semester Baru, Apa Yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Lama?
July 11, 2017
0

Hai Barudak Unpas!

Gimana nih liburan panjangnya ? Apakah asik? Kemana aja? Pasti ada yang liburan pergi ke tempat wisata, ada yang kerja part time, ada yang ikut semester sisipan, dan ada yang pengangguran di rumah aja bantu orangtua. Pasti dari kegiatan yang penulis udah sebutin ada salah satu yang kalian lakuin, iya kan iya? Nah setelah sekian lama meninggalkan kampus dari segala jadwal, tugas-tugas kuliah,rapat organisasi kampus. Kita masuk lagi ke semester ganjil lagi nih, yang artinya naik satu tingkat lagi. Buat dede-dede emesh sih persiapannya pasti banyak banget karna baru awal masuk kuliah. Gimana dong kalo buat mahasiswa lama, apa persiapannya sama atau berbeda yah? Ada 4 hal yang harus mahasiswa lama siapkan , simak ulasan berikut yaah !

 

  1. Persiapan Mental

Kok persiapan mental? Kenapa? Menurut Penulis ini penting, karena setelah kita tahu nilai dan ipk semester sebelumnya ada yang puas dan ada juga yang kurang puas dengan hasilnya. Eitss, tapi jangan berpuas diri ataupun bersedih hati ya daks! Karena udah tau hasil sebelumnya seperti apa, kita jadi tau apa yang kurang dan apa yang harus diperbaiki agar bisa lebih ditingkatkan lagi prestasi kitanya. Jadi kalian harus lebih semangat lagi, jangan sampai hasil kemarin buat kalian mulai semester baru ini dengan biasa aja.

 

  1. Mempersiapkan Tenaga Ekstra

Tentunya kita harus punya kekuatan ekstra nih daripada semester sebelumnya. Dimana semester baru ini makin banyak mata kuliah dan sks yang ditempuh. Jadwal kuliah yang bikin males bangun pagi kalo dapet jadwal kelas pagi. Belum lagi ditambah jadwal praktikum. Pasti melelahkan bukan? Nah kita harus siapin segala persiapan kesehatan mulai dari makan yang teratur, minum air bening minimal 8 gelas sehari, dan jangan lupa minum vitamin yahh! Kalau badan kita sehat pasti enak buat jalanin kegiatan kuliah setiap harinya.

 

  1. Menyambut dedek-dedek emesh

Kalau kalian masuk di Kelembagaan Mahasiswa di setiap Fakultas dan Jurusan maupun UKM. Pasti kalian semua akan mempersiapkan kegiatan ospek buat adik-adik Mahasiswa Baru. Kalau UKM-UKM pasti mau menyambut calon anggota ukm baru dengan promosi disaat OPMB Pusat. Jadi, liburan kalian akan terpotong dengan rapat-rapat panitia ospek bukan? Tapi walaupun liburan kalian terpotong, kalian bakalan seneng juga nih bisa dapet gebetan dede emesh, iya kan?

 

  1. Persiapan Dompet

Di nomer terakhir ini menurut penulis hal penting selain no 2, kenapa? Karena semester baru ini kan tingkatannya lebih tinggi dari sebelumnya jadi kemungkinan besar biaya yang dikeluarkan juga lebih besar. Contohnya  disuruh sama dosen bawa buku pegangan yang berbahasa Inggris pasti kan kalau kita beli harganya lebih mahal. Walaupun ada opsi pinjem ke kating, tapi ga jarang ternyata dosennya beda, kating yang kita mau pinjem juga dapet minjem juga, ataupun beda terbitan.  Ditambah lagi kalau ada HO yang wajib kita punya.  Dan kita juga harus mempersiapkan untuk hal-hal yang tak terduga ke depannya. Jadi, semangat buat menyisihkan uang jajan tiap bulannya ya daks!

 

Itu dia 4 hal yang sudah penulis rangkum gimana daks? Semoga 4 hal yang sudah penulis jabarkan bisa buat kalian lebih semangat untuk memulai semester ganjil lagi di kampus dan kelas yang sama. Sekian dari penulis, jika ada yang mau menambahkan bisa menulis di kolom komentar yah! Jika ada kritik dan saran tulis di kolom komentar juga yah. Hatur Nuhun Barudaks.

Eliani Purwaningtyas

Eliani Purwaningtyas

Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2016

Visit me at instagram ; @jscelianip
Eliani Purwaningtyas