Mahasiswa Tingkat Akhir Jangan Galau - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Mahasiswa Tingkat Akhir Jangan Galau
May 17, 2017
0

Hai barudak Unpas yang pada kece. Semoga masih tetap dapat beraktivitas menjadi mahasiswa yang pengkuh agamana, jembar budayana, luhung elmuna. Kali ini saya akan memberikan suguhan bacaan yang mudah-mudah menjadi menyenangkan untuk dibaca, kalaupun tidak, yaaa terima kasih sudah mau-maunya membaca hehe. Sekarang saya memulai dengan menyebutkan judul untuk tulisan ini, judulnya: Mahasiswa Tingkat Akhir jangan Galau. Hayoooh, mahasiswa tingkat akhir, jangan baper ya, tenang tenang hehehe.

 

Alhamdulillah saya belum mencapai tingkat mahasiswa akhir, tetapi dalam durasi waktu satu tahun lagi, saya akan menjadi mahasiswa tingkat akhir. Nah untuk akang-teteh yang sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir, siapkan segala bentuk persiapannya untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Katanya sih, jenjang setelah perguruan tinggi itu lebih sulit. Tetapi kalau kita sudah mempersiapkannya dari sekarang, kemungkinan kesulitan itu mampu kita atasi. “ah kamu mah bisanya ngomong aja” ujar pembaca kepada penulis, hahaha. Memang sih cukup sulit, tetapi inshaAllah bila kita berusaha sungguh-sungguh, pastinya akan ada jalannya.

 

Kira-kira setelah lulus dari perguruan tinggi, biasanya mau ke mana sih? Kerja? Usaha? Atau menikah? Eh menikah? Menikah? Nikah? Hahaha. Maaf banyak nanyanya ya hehe. Saran saya sih, kawan-kawan yang sudah akan lulus dari perguruan tinggi harus sudah memetakan kehidupan selanjutnya akan ke mana. Dan usahakan sejalur dengan pendidikan yang kawan-kawan tempuh di perguruan tinggi. Tidak harus juga tidak apa-apa sih, cuma itu lebih memudahkan kawan-kawan. “terus kalau saya maunya menikah bagaimana? Kan sebelumnya saya tidak menempuh pendidikan tentang menikah?” tanya pembaca kepada penulis. Nah kalau maunya langsung menikah, yaa tinggal persiapkan segala kebutuhannya untuk berumah tangga. Itu sih saran yaa, pembaca boleh berpendapat sendiri ko hehe.

 

“pengen cepat lulus aku mah ih, ga sanggup lagi kuliah” ujar pembaca. Lah, emang kehidupan setelah lulus itu enak? Menurut saya sih ada enaknya, tetapi lebih banyak berjuangnya. Kalau kita setelah lulus tidak berjuang apa-apa, sama saja belum siap untuk lulus. Jangan menjadi sia-sia ilmu yang kawan-kawan pelajari selama di perguruan tinggi. Harus menjadi yang berguna dan dapat digunakan. Cie banget ya saya seperti yang benar aja, hehehe. Kita sama-sama belajar ko, mudah-mudah yang saya sampaikan menjadi pembelajaran bagi kita.

 

Nah, Mahasiswa tingkat akhir yang mudah-mudah sudah tidak galau lagi. Sekarang bukan saatnya untuk galau, biarkan dia pergi dengan tenang, eh. Maksudnya biarkan kegagalan menjadi pembelajar bagi diri pribadi, sudah saatnya untuk menatap prestasi yang lebih gemilang. Pemikiran mahasiswa dengan siswa haruslah berbeda, maksudnya, sudah memiliki pemikiran yang luas, jangan pemikiran yang pendek. Sudah harus memikirkan ke depannya akan berbuat apa dan berjalan ke mana. Karena kita mahasiswa pilihan pasti setiap generasi, hehe.

 

Saya selaku penulis hanya dapat menyampaikan sedikit informasi bagi kalian. Semoga apa yang saya sampaikan, menjadi pembelajaran bagi kita agar lebih baik lagi. Intinya, apa yang kita inginkan, haruslah kita raih dengan usaha dan daya juang yang sungguh-sungguh. Bukan lagi waktunya main-main, cukup di waktu kita menjadi siswa saja waktu bermainnya. Semoga pesan yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita, khususnya untuk saya pribadi.

 

Arif Fauzan Rakhman

Arif Fauzan Rakhman

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.
Arif Fauzan Rakhman