Ketika Kamu Terkena Musibah, Empat Hal Ini yang Akan Membantumu - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Ketika Kamu Terkena Musibah, Empat Hal Ini yang Akan Membantumu
July 15, 2017
0

Halo, gaes!

Mungkin suatu waktu, kita tidak pernah tahu kalau nanti akan datang musibah atau hal semacamnya. Sebagaimanapun kita hindari, bila sudah takdirnya untuk bertemu musibah maka setidaknya kita tidak hanya bisa berdiam diri. Seperti layaknya berkah, musibah juga pasti akan datang sebagai salah satu siklus hidup yang mungkin bisa kapan saja terjadi.

Ada baiknya memang kita harus berhati-hati karena tidak semua musibah terjadi karena “hanya takdir” tapi juga datang dari kelalaian dan ketidaksiapan kita akan kondisi yang tidak diperkirakan. Musibah pun sifatnya macam-macam loh, baik yang sifatnya kehilangan, kecelakaan, kerusakan, dan lain sebagainya.

Nah, ketika hal itu sudah terjadi maka kamu mungkin merasa kalau kamu itu orang yang paling sedih di dunia pada saat itu karena dicoba dengan keterpurukan. Bagaimanapun, itu wajar sebagai respon alamiah manusia. Yang harus kamu yakini adalah kamu tetap kuat dan kamu tidak sendirian.

Untuk lebih meyakinkan diri kamu, hal ini adalah hal yang paling utama dan sangat membantu ketika kamu sedang terpuruk bila telah terkena musibah :

 

Mengingat Tuhan Yang Maha Esa

Semoga tidak terdengar klise, ya. Tapi memang betul kok, segala berkah maupun musibah yang kita alami itu semuanya kembali lagi ke takdir Tuhan. Lewat musibah ini, Tuhan mungkin “kangen” untuk melihat kamu mendekat lagi padaNya. Bukan ngga mungkin, musibah yang membuat kamu terpuruk ini justru adalah penghalang buat musibah yang lebih besar nantinya, menjadi pengingat diri, atau justru penggugur dosa yang diperbuat. Memang cuma Tuhan yang tahu, karenanya hal yang paling utama yang betul-betul harus kamu ingat ketika terpuruk adalah mengingat nama Tuhan lalu berdoa memohon ketabahan dan kekuatan untuk menjalani cobaan itu. Dijamin deh, kamu bakal lebih tenang menjalaninya.

 

Menghubungi Keluarga Besar

Mungkin musibah yang kamu alami itu bisa mengundang keprihatinan keluarga besarmu, tidak hanya selingkupan kecil keluargamu saja. Dari situ, kamu bisa memperluas perspektifmu atas musibah yang kamu alami dengan menceritakan masalahmu sekaligus mendengarkan nasihat atau solusi dari mereka. Timbal balik seperti itu akan membuat kondisi psikologismu jadi lebih kuat karena kamu akan merasa diperhatikan oleh orang terdekatmu. Selain dukungan moral, keluarga besarmu juga pasti tak sungkan untuk membantumu dengan materi ataupun nonmateri. Biasanya juga perhatian keluarga besar akan jadi lebih besar dari biasanya kepada kamu karena keprihatinan mereka.

 

Menghubungi Teman atau Kolega

Poin ini sebenarnya mirip-mirip dengan poin kedua, hanya perbedaannya mungkin dari cara kamu untuk meminta respon dari jaringan pertemananmu. Kamu akan tahu persis siapa teman sejatimu ketika kamu sedang diuji dengan musibah, apakah mareka akan menolongmu atau tidak. Begitupun sebaliknya, musibah ini juga bisa membuktikan apakah kamu adalah seseorang yang menghargai pertemanan, sehingga temanmu tidak sungkan untuk membantumu. Semakin baik kamu menjalin pertemanan, maka semakin besar peluang temanmu untuk menolong kamu ketika kesusahan. Jadi, pertemanan akan sangat membantu kamu kalau kamu punya latar belakang pertemanan yang baik loh. Baik-baik ya ama teman dari sekarang, hehe.

 

Mengandalkan tabungan

Kadang yang namanya musibah cuma hal-hal yang melibatkan kehilangan barang atau semacamnya, misalnya uang atau gadget. Bentuk kehilangan seperti ini tentu bisa diatasi dengan mudah kalau kamu punya stok tabungan yang cukup. Cukup simple kok, menabung bisa kamu mulai dengan menyisihkan uang jajan sehari-hari di celengan seperti waktu kecil dulu. Jangan meremehkan fungsi tabungan karena hal kecil yang diangsur setiap hari akan jadi besar juga, bisa betul-betul membantumu ketika keadaan terhimpit suatu hari. Jadi, ngga ada salahnya kan kalau mulai mengantisipasi kerugian dengan mulai menabung?

 

Nah begitu ya gaes solusinya. Bagaimanapun, musibah sebenarnya bisa lebih diantisipasi dengan sikap kita loh. Intinya, kita harus peduli pada perubahan lingkungan sekitar, serta tanggap dan responsif kalau gejala buruk mulai terasa. Semoga kita semua dihindarkan dari musibah yang besar ya, aamiiin 😊

Happy holiday, gaes!

 

miftahulfikri
Follow me

miftahulfikri

Mahasiswa Ekstensi - S1 Teknik Industri 2016 | Penulis buku #SemusimCinta | IG : miftahulfk
miftahulfikri
Follow me