Kamu Susah Fokus? Ini Distraksi yang Harus Kamu Hindari! - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Kamu Susah Fokus? Ini Distraksi yang Harus Kamu Hindari!
February 16, 2018
0

Hai, barudak Unpas!

Ngga kerasa ya udah bulan Februari lagi nih. Hari ini bertepatan juga dengan Hari Raya Imlek 2018, selamat buat yang merayakan ya!

Anyway, masih inget kan sama resolusi tahun barunya? Atau justru belum ada yang bikin? Nah, rasanya baru kemarin niup terompet ama nyalain petasan pas tahun baru, eh sekarang udah mau menuju ke akhir Februari aja. Jadi, udah mengusahakan apa aja di awal 2018? Hehe.

Tahun baru gini, tentunya kita akrab dong dengan target baru. Apa aja nih target kalian? Bisa jadi ada yang menargetkan IPK diatas 3, pengen proker himpunan oke, pengen KP ama TA/Skripsi nya dilancarkan, punya gebetan baru, cepet lulus, buka bisnis, atau menikah mungkin?

Nah, dari sekian target yang kita catat itu, tentunya kita harus fokus dong ya. Secara ngga sadar, waktu tuh berlarinya cepat banget. Tapi ngerasa ngga sih, meskipun hari ke hari ngga sadar dijalani, rasanya kita belum juga memulai sesuatu. Apa yang jadi masalah, ya? Apa jangan-jangan kita terdistraksi oleh segala macem hal yang ngga penting nih? Efeknya itu mau nunda terus target, walaupun sebenarnya sadar sih kalau itu udah menghalangi fokus kita.

Terus, apa aja dong distraksi yang seringkali ngebuat kita hilang fokus?

Nih, mimin coba breakdown satu-satu ya!

 

Media Sosial

Distraksi paling parah sih kayanya si medsos ini, semacam Instagram, Twitter, dan sejenisnya. Kerasa ngga sih, hampir di setiap jam itu kita pasti cek medsos. Kalo ngga punya medsos yang aktif mah sama aja deh kaya aplikasi chat misalnya WA atau Line, iya kan?

Medsos sekarang udah sangat multifungsi dengan menyediakan banyak fitur, terutama soal hiburan dan gaya hidup. Buka dikit, kita bakal tahu apapun yang kita mau dengan cuma sekali tap. Masalahnya, kadang hal yang ngga penting juga ikut kita konsumsi, kaya berita receh dan berita heboh. Belum lagi kalo udah kebiasaan update sana-sini hampir setiap hari, duh…. Ngga kerasa kan waktu kebuang banyak, sementara prioritas kita sampe lupa dikerjain?

 

Game

Sorry to say nih buat gamer, bukan maksudnya untuk menggeneralisasi loh ya, tapi emang faktanya waktu yang bisa dihabiskan buat main game itu seringkali ngga sebentar, bahkan bisa sampai berjam-jam saking asiknya. Kalau bisa diatur sih bagus, tapi kadang udah diatur pun ternyata suka ada aja halangannya. Ada game yang bahkan mensyaratkan kita untuk fokus dan mengeluarkan energi secara penuh, sehingga ketika main game nya selesai tubuh kita jadi capek. Coba kalau udah gitu, ngerjain tugasnya kapan? Bab 1 di skripsinya itu kapan dilanjutin? Hmm, gimana kalo kenyataannya kamu main game tiap hari dan ngga kerasa semuanya jadi keteteran? Kan.. kan…

 

Mantan (Kalo Punya…)

Ini berat sih. Musim-musim banyak film yang ngebaperin itu makin nambah ruwet aja kan. Balik nonton Dilan, jadi inget mantan. Duh…. Atau jangan jauh-jauh pas masa SMA deh, barangkali ada juga mantan yang sekampus, atau justru sekelas ~ Makin parah deh, kalo pisahnya dulu ngga baik-baik… Susah sih ini, jangankan kamu, Milea aja susah banget moveon sampe ceritanya jadi dua judul buku loh.

Soal begini ini mirip juga kalau kita lagi dirundung kompleksitas cinta ; macem macem deh, ada yang pacaran tapi tiap hari isinya marahan, ada yang pedekate tapi kena zona teman, ada juga yang galau karena jomblo melulu, banyak deh.. Dikit-dikit ngga mood. Ada yang mungkin pake nangis, ada yang pake bete, sampe-sampe prioritas jadi keteter. Kuliah yang kudunya fokus, malah jadi mamalesan karena swinging mood. Hadeeeeh, ngga banget kan!

 

Sebenernya sih banyak juga distraksi lain, tapi menurut mimin yang paling gede pengaruhnya buat anak kuliahan sih tiga hal itu. Nah, gimana dong solusinya?

Gampang sih ditulis mah, tapi cukup sulit dilakukan. Tapi bukan berarti ngga bisa, ya kan? Selama kita sadar bahwa itu udah jadi distraksi akut, tinggal kita cari solusi dan konsisten menjalankannya.

Nih, buat kalian yang udah ketagihan main medsos atau game, sebenarnya cukup dengan mengatur waktu aja sih. Cuma harus diingat, jangan korbankan jam produktif kalian buat ngelakuin hal ini. Lakukan dulu prioritas utama sampe itu selesai, baru nanti ketika istirahat bisa main lagi. Kalau perlu, pas lagi ngerjain deadline gitu koneksi internet yang nyambungin medsos ama game bisa dimatiin sementara. Ampuh deh pasti! Tinggal dijalanin.

Kalo soal mantan…. Ada baiknya kalau bisa diselesaikan dengan baik-baik, ya kenapa ngga kan? Secara dewasa gitu, jadi kesananya udah plong. Kalaupun sulit, memang cara satu-satunya ya menghindari apapun tentang dia sih kayanya. Jangan disengajain untuk ungkit-ungkit lagi masa lalu soal dia, lalu cari teman-teman yang sama sibuknya buat ngerjain prioritas itu. Jangan survive sendiri, itu berat. Sambil kongkow ama teman-teman, lumayan bisa meredakan efek baper sih. Cobain! Sambil alihkan fokus pikiran ke target yang ingin kamu tuju.

 

Gimana, kejawab kan? Semoga distraksi itu diminimalisasi ya gaes, demi target baru kita tahun ini loh 😊

Oke, distraksi apalagi yang kira-kira efeknya gede menurut kamu? Boleh ditaro di kolom komen di bawah ya!

miftahulfikri
Follow me

miftahulfikri

Mahasiswa Ekstensi - S1 Teknik Industri 2016 | Penulis buku #SemusimCinta | IG : miftahulfk
miftahulfikri
Follow me