Jangan Lulus Terlalu Cepat, Ini Alasannya! - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Jangan Lulus Terlalu Cepat, Ini Alasannya!
April 21, 2017
0

Woo, ini judulnya kok provokatif ya….

Eit, jangan salah sangka gengs. Kebanyakan paradigma yang berkembang di dunia perkuliahan itu selain harus mendapat IPK yang bagus, ada faktor lain lagi yang ikut mencuat yaitu tentang kuliah harus cepat selesai. Selain faktor motif pribadi, motif sosial juga banyak berpengaruh loh… misalnya supaya cepat kerja atau supaya cepat nikah :p

Semua orang memang maklum sih kalau segalanya di jaman sekarang itu harus serba cepat. Tapi kan, yang namanya berproses itu ngga bisa asal cepat loh. Mungkin kita bertanya-tanya, kenapa sih kuliah itu harus cepat-cepat, emangnya kita akan rugi banget kalau misalnya tepat waktu atau malah sedikit terlambat?

Soal cepat atau ngga cepat sih sebenarnya relatif ya, bisa dibilang itu mah teknis juga. Tiap fakultas ya mungkin beda-beda juga mekanisme lulusnya, ada yang waktunya bisa sekian bulan lebih cepat, ada juga yang ngga. Tapi masalah utamanya bukan itu sih, intinya kan kualitas diri kita setelah lulus itu seperti apa, iya ngga?

Nah, beberapa faktor ini mungkin bisa menjadi jawaban kamu kalau menyelesaikan kuliah ternyata ngga harus secepat itu, gengs..

 

Tanya ke diri kamu, “Buat Apa Sih Kuliah?”

Kalau kamu pernah merenungi kenapa sih kamu harus kuliah, mungkin kamu adalah tipe-tipe orang yang nantinya akan jadi calon sukses loh. Udah banyak banget cerita orang-orang yang supersukses macam Mark Zuckerberg dan Bill Gates yang malah keluar dari perkuliahan demi passion yang mereka tuju. Who knows, terkadang kita malah bingung juga kan kuliah mah jalan terus tapi kadang kaya kurang semangat gitu. Mungkin ada yang kita cari-cari, iya kan?

Nah bisa jadi, kamu adalah tipe-tipe orang yang butuh waktu untuk menemukan passion apa yang cocok sekaligus bagian mana yang mau kamu tekuni. Bisa jadi itu ditemuin di bangku perkuliahan, bisa jadi malah ngga ketemu. Bersyukurlah kalau kamu bisa nemuinnya di bangku kuliah ya, jadi udah tinggal ngikutin sistem. Tapi kalau ngga? Nah ini, kamu harus pinter-pinter nyari sesuatu yang kamu mau di luar sistem perkuliahan. Entah itu banyak macemnya, dimulai dari kegiatan kemahasiswaan, UKM minat bakat, atau komunitas luar kampus.

Yes, knowing your path is a big deal. Kamu jangan sampe malah nanti bingung kamu mau ngapain setelah lulus loh! Nah, pencarian itulah yang akan memakan banyak waktu kamu. Tapi ngga apa-apa, waktu semasa kuliah adalah investasi buat masa depan. Toh, lulus cepet juga ngga akan jadi jaminan, kan?

 

Jalani Prosesnya ya!

Setelah paham tujuan kamu untuk kuliah, baru deh menjalani aspek teknisnya. Yup, selama kuliah itu diharapkan kamu harus bisa membuat jaringan pertemanan yang banyak. Meskipun gitu, kamu juga harus pinter-pinter pilih temen ya, usahakan yang ngebawa ke arah yang positif. Selain itu, kamu juga harus nyoba hal-hal baru semacam berbisnis yang sederhana, atau menyalurkan minat bakat kamu ke komunitas. Dengan begitu, kamu akan merasa bahwa hidup kamu itu ngga melulu di kampus dan belajar secara teoritis doang, tetapi juga bisa dipahami dengan praktik langsung sambil tetap bahagia, hehe.

Sisanya, kamu harus tetap kerja keras. Jangan males-malesan, gengs! Jangan ngerasa kuliah itu nyantai-nyantai aja soalnya bakal ngga kerasa loh, tetiba udah semester akhir aja. Jangan ampe nyesel ke belakang karena udah kuliah lama-lama ternyata belum banyak hal yang kamu lakuin. Setidaknya, dari sekarang deh kamu coba optimalkan waktu ya. Mumpung masih muda juga kan, manfaatin waktu kuliah kamu untuk mengambil banyak perspektif hidup lewat banyak pengalaman. Orang bijak pernah bilang, kalau jadi pintar itu banyak jalan pintasnya, tapi kalau jadi berpengalaman itu ngga pernah ada jalan pintas. Satu-satunya jalan ya mengalaminya kan, hehe. Nah, untuk mewujudkan semua itu butuh proses, semua itu butuh waktu…

Mimin pesen nih ya, lulus kuliah dengan waktu yang cepat mah bagus, kenapa ngga? Asal…. kamu udah tau setelah lulus kamu mau ngapain. Seremnya, kebanyakan lulusan sarjana yang sekarang pengangguran itu sebenarnya bukan mereka yang kurang pinter, tetapi mereka yang sebenarnya ngga tau mau mau ngapain, mau bekerja dimana atau berkarya di bidang apa.

Karena itu, banyakin bergaul ama orang, cari kegiatan di luar bangku kuliah, salurkan minat bakat kamu, mumpung masih kuliah loh 😀

miftahulfikri
Follow me

miftahulfikri

Mahasiswa Ekstensi - S1 Teknik Industri 2016 | Penulis buku #SemusimCinta | IG : miftahulfk
miftahulfikri
Follow me