Empat Alasan Kamu Harus Tidur Cukup Menjelang Ujian - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Empat Alasan Kamu Harus Tidur Cukup Menjelang Ujian
March 29, 2017
0

Halo, gengs!

Wah, udah masuk masa ujian nih. Buat kita-kita yang sibuk dengan kegiatan di kampus maupun luar kampus di setiap harinya sudah harus mulai siap-siap. Admin mau nanya, siapa disini yang saking sibuknya malah sampe sering begadang? Cung!

Semoga ngga banyak ya yang suka begadang. Tapi memang, yang namanya kebiasaan mahasiswa itu ngga lengkap kalau ngga ada yang namanya begadang, kayak ada yang kurangnya gimana gitu. Sudah jadi hal biasa kalau mahasiswa sering sekali menerapkan pola tidur yang kurang beraturan. Menjelang ujian begini, beban pikiran justru makin bertambah dan diyakini makin banyak mahasiswa yang memilih sampai begadang untuk mempersiapkan ujian keesokan harinya.

Nah, apakah itu cara yang benar untuk mempersiapkan ujian? Well, memang semua orang punya caranya masing-masing untuk merespon tekanan, dimana tekanan yang dimaksud adalah hadirnya masa ujian tadi. Ada yang berpola, ada yang tidak. Ada yang menyiapkan secara detail, ada yang hanya mempersiapkan secara garis besarnya saja. Begitupun sampai urusan pola tidur, ada yang percaya kalau lebih baik persiapan ujian dilakukan jauh-jauh hari sehingga menjelang ujian bisa beristirahat cukup, pun ada pula yang percaya bahwa persiapan akan lebih “nendang” kalau ditunda dan dipaksa di akhir waktu persiapan ujian sehingga harus begadang. Nah, kamu tipe yang mana?

Meskipun semua cara tampaknya bisa relevan tergantung individunya, Admin mau ngasi tau aja dari sudut pandang kesehatan ya, gengs. Bagaimanapun, salah satu faktor keberhasilan kita dalam ujian nanti adalah soal kesehatan. Dari sana, kita sendiri sebenarnya tahu persis bagaimana seharusnya memperlakukan tubuh sebelum menghadapi tekanan, baik itu persiapan ujian maupun hari dilangsungkannya ujian. Jadi, inilah alasannya mengapa kamu harus tidur cukup menjelang ujian, diantaranya :

 

  1. Badan lebih segar

Mungkin ngga akan ada yang interupsi disini kalau efek dari tidur cukup akan membuat badan lebih segar, iya kan? Walaupun kondisi daya tahan tubuh orang berbeda-beda, beristirahat dengan cukup akan menjadi faktor pembeda yang utama. Bila dibandingkan orang yang begadang, maka kesegaran tubuh akan menunjang kinerja yang lebih baik pada keadaan otak. Ngga percaya? Coba deh, kalau misalnya kamu begadang semalaman terus paginya ujian, kalau akhirnya nguap-nguap terus, bikin susah mikir kan? Nah, itu karena respon tubuh yang mulai menurun akibat tidak adanya waktu recovery yang cukup, sehingga fungsi otak juga akan sama menurun.

 

  1. Otak Punya Waktu Untuk Merefresh Dirinya Sendiri

Senjata yang paling ampuh untuk menghadapi ujian, apa coba? Contekan? Ringkasan materi? Atau tipe-tipe soal tahun kemarin?

Ngga ada yang lebih ampuh selain otak kita sendiri, gengs. Sebenarnya, harusnya yang paling isi otak kita sih, tergantung ilmu apa yang kita pelajari dan yang kita pahami lalu semua itu dapat terserap. Tapi, gimana coba ilmu itu bisa terserap dengan baik kalau kondisi fisik dari otaknya aja kita ngga jaga? Mau sepinter apapun, kalau akhirnya otak ngga bisa bekerja dengan baik ketika hari ujian dimulai karena dipake begadang terus kan hasilnya juga ngga akan optimal, iya kan?

Seperti tubuh, otak juga butuh recovery. Dengan beristirahat cukup, seluruh anggota tubuh akan merecovery dirinya sendiri, termasuk bagian paling penting dari tubuh kita yaitu otak. Kabar baiknya, otak yang selalu diberikan istirahat cukup akan membuat potensi kecerdasan kita bertambah loh! Itu karena sinapsis dalam otak kita akan saling terhubung sehingga memori kita bisa menjadi lebih kuat.

 

  1. Membuktikan Kalau Manajemen Waktu Kamu itu bagus

Udah jadi mahasiswa sih harusnya kita jadi makin paham cara mengatur waktu. Apalagi kalau kita tahu persis kalau benefit dari tidur cukup itu banyak banget untuk kondisi tubuh. Tapi kadang, hal yang malah menjadi halangan yaitu manajemen waktu kita sendiri. Pemilihan prioritas jadi penting karena kita akan selalu disibukkan oleh dua hal, yaitu hal yang penting dan hal yang tidak penting. Nah, jangan sampai kita malah ngga sadar untuk mulai menerapkan manajemen waktu, sehingga kita jadi rugi secara waktu (yai ya dong, kan time is money) juga rugi secara fisik karena malah begadang pada hari akhir persiapan ujian. Kalau kamu udah sadar akan hal ini, pertahankan ya 🙂

 

  1. Lebih Percaya Diri

Poin terakhir ini sebenarnya bisa dibilang sebagai manifestasi dari tiga poin di atas. Intinya, kalau kamu sadar betul untuk menerapkan pola tidur yang baik maka kamu akan mendapatkan kondisi fisik yang bugar, terutama otak yang siap bekerja optimal. Ngga cuman itu, keuntungan itu juga akan berpengaruh besar ke hidup kamu secara luas kalau ditunjang dengan manajemen waktu yang bagus. Dari situ, kamu bakal mendapatkan efek psikologis yang lebih positif dibandingkan dengan kondisi orang yang pola tidurnya buruk, pembawaannya lemas, juga manajemen waktu yang amburadul.

Mungkin kita sama-sama belajar di kelas, sama-sama berdiskusi, juga sama-sama mengerjakan tugas. Semua orang punya kesempatan yang sama untuk cerdas, kan? Tetapi, yang paling cerdas diantara itu semua adalah orang yang bisa menyeimbangkan segala sesuatunya, loh! Kalau fisik bugar, tentu saja kita akan lebih mudah beradaptasi dengan berbagai tekanan yang datang. Secara langsung, itu akan berefek besar pada kondisi psikologis kita ketika menghadapi ujian yang akan datang.

 

Nah, gimana gengs, udah jelas kan manfaatnya tidur yang cukup menjelang ujian? Admin mau ngasi pesan nih, jaga tubuh kamu baik-baik ya. Jangan malah dipaksa di akhir, yang jadinya malah berpotensi bikin tubuh kamu drop. Kan ngga lucu kalau sakit pas hari ujian dimulai, iya kan?

miftahulfikri
Follow me

miftahulfikri

Mahasiswa Ekstensi - S1 Teknik Industri 2016 | Penulis buku #SemusimCinta | IG : miftahulfk
miftahulfikri
Follow me