Dunia Mahasiswa tak hanya sekadar Akademik - @infounpas
contact@infounpas.com 087823327307
Dunia Mahasiswa tak hanya sekadar Akademik
May 2, 2017
0

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabarnya barudak Unpas? Semoga selalu diberikan kesehatan dan keselamatan bagi kita semua. Kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel tentang Dunia Mahasiswa tidak sekadar Akademik. Semoga apa yang saya tuliskan menjadi kebaikan bagi pembaca yang ikhlas membacanya. Kuliah merupakan kegiatan akademik yang terkait langsung dengan hak dan kewajiban dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi sesuai target kurikulum. Ukuran keberhasilannya yaitu dalam bentuk dapat nilai A, B, C, D atau E. Kemudian di akhir kegiatan kuliah, mahasiswa harus menyusun skripsi dan ikut sidang ujian skripsi agar memperoleh keberhasilan paling akhir yaitu lulus dan menjadi seorang sarjana yang akan menyandang gelar kesarjanaan.

Kegiatan kuliah Anda perlu diisi dengan ilmu dan pengalaman selain dari ilmu dan pengalaman yang diajarkan di kelas. Karena ilmu dan pengalaman yang diajarkan di kelas belum mencukupi untuk digunakan di dunia luar kampus atau di dunia riil Anda. Sekurang-kurangnya Anda perlu dua atau tiga ilmu lagi yang perlu dipelajari dan didapat selain dari nilai akademik yang harus Anda raih. Maka dari itu, tidak harus melulu menguasai ilmu yang sedang ditekuninya, akan tetapi carilah ilmu lainnya sebagai pendamping ilmu yang sedang ditekuni.

Berorganisasi? Hem…

Misalnya Anda harus memperoleh ilmu dalam berorganisasi. Ilmu ini akan sangat berguna di saat Anda lulus kuliah nanti dan mengabdikan ilmunya di masyarakat. Ilmu keorganisasian dapat diperoleh dengan mengikuti BEM kampus , UKM-UKM atau lembaga lainnya yang telah disediakan oleh kampus tempat Anda kuliah. Dengan mengikuti organisasi, akan mendapatkan kemampuan atau keterampilan yang pandai untuk dipakai di dunia kerja ataupun di lingkungan masyarakat. Kalaupun organisasi kampus tidak ada yang menjadi minat Anda maka carilah organisasi-organisasi di luar kampus yang sesuai dengan minat Anda. Tetapi selain harus sesuai dengan minat, Anda juga harus lihat portofolio dari organisasi yang menjadi minat Anda. Karena sekarang banyak organisasi yang mengajarkan hal-hal yang malah membuat Anda jadi susah sendiri. Oleh karena itu jika Anda memilih organisasi pilihan Anda berada di luar kampus maka harus selective.

Bisnis? Hem…

Selain ilmu organisasi, kita bisa mendapatkan ilmu bisnis. Biasanya mahasiswa selalu mempunyai keinginan untuk berjualan atau mempunyai jiwa bisnis. Pandai-pandailah dalam mengelola bisnis, khususnya bagi mahasiswa yang akan melakukan kegiatan berbisnis. Misalnya, seorang mahasiswa yang mempunyai keinginan untuk berjualan makanan ringan di wilayah kampus. Sudah pasti banyak hal yang harus dipersiapkan segala kebutuhannya. Cara pastinya ialah seorang pebisnis haruslah mempunyai strategi dalam pemasarannya, jangan sampai niatnya untuk mendapatkan hasil untung dari berjualan, malah mendapatkan rugi. Sarannya dari saya, silakan cari tahu dulu atau perdalami ilmu bisnis yang akan dilakukan.

Mungkin itu dua hal yang bisa saya bagikan, yang pertama mengenai ilmu berorganisasi dan kedua ilmu bisnis. Dua hal itu bisa menjadi ilmu yang berguna bagi mahasiswa, karena mahasiswa tidak harus melulu mendapatkan ilmu akademiknya. Mahasiswa perlu mendapatkan keterampilan yang mumpuni untuk beranjak nantinya di dunia kerja atau di lingkungan masyarakat. Karena dalam dunia kerja, tidak hanya akademik yang berperan, kebanyakan yang akan berperan ialah keterampilan seseorang yang akan banyak digunakan. Mari kita bersama-sama menjadi mahasiswa yang pandai dalam mengelola sesuatu hal yang sering kita sebut ialah keterampilan, mahasiswa yang kreatif,aktif, teliti dan cermat.

Pilihan Pasti Setiap Generasi!

Arif Fauzan Rakhman

Arif Fauzan Rakhman

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.
Arif Fauzan Rakhman